Jenis olahraga dan manfaatnya


Jenis Olahraga dan Manfaatnya
Olahraga merupakan kebutuhan bagi kelangsungan jasmani dan rohani setiap manusia, dimulai sejak kita terlahir ke dunia hingga usia senja nanti. Begitu banyak pilihan olahraga yang dapat Healthy People lakukan sehari-hari mulai dari olahraga ringan hingga yang berat. Disamping itu, begitu banyak manfaat yang dapat Healthy People peroleh dari berolahraga. Dengan berolahraga secara teratur, daya tahan tubuh dapat meningkat, membantu untuk menghindarkan dari berbagai macam penyakit dan dapat meminimalkan potensi stres dan depresi. Pada artikel kali ini kita akan melihat bersama ragam jenis olahraga berikut manfaatnya.
1. Olahraga Kardiovaskular
Olahraga kardiovaskular adalah jenis olahraga yang fokus untuk meningkatkan pernapasan dan denyut jantung. Jenis olahraga ini pada dasarnya menantang jantung untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih kuat sehingga dapat membantu untuk memperbaiki cara tubuh menggunakan oksigen serta lebih efisien dalam memompa darah ke tubuh. Selain itu, olahraga jenis ini juga merupakan cara terbaik untuk membakar lemak tubuh. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dapat membuat jantung Anda sehat antara lain:
a) Jalan cepat
Merupakan cara alami untuk meningkatkan kebugaran tubuh, khususnya jantung. Selain itu jalan cepat dapat membantu mengurangi lemak otot di area dekat sendi.
b) Senam 
Segala jenis latihan senam bermanfaat bagi tubuh, yaitu untuk kesehatan jantung pada khususnya dan tubuh secara keseluruhan, kebugaran juga kecantikan. Untuk memperoleh hasil optimal latihan senam tersebut dilakukan dengan teratur, baik dan benar
c) Lari
Sama dengan jalan cepat, olahraga lari/jogging ini adalah aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hanya saja, lari/jogging lebih menantang ketimbang jalan. Lari juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membakar kalori.
d) Berenang
Berenang atau olahraga air lain tidak hanya meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kesehatan jantung. Tekanan dalam air dapat memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan kekuatan otot dan suara.
e) Bersepeda
Aktivitas kardiovaskular lain yang mudah adalah dengan bersepeda. Healthy People bisa bersepeda keliling komplek rumah atau taman sambil meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan mengencangkan tubuh.

2. Olahraga Pembentukan (Shaping)
Healthy People begitu semangat ingin membakar timbunan lemak tubuh? Tidak perlu ikut program latihan yang mengeluarkan kocek banyak dan tidak perlu nge-gym setiap hari. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang berguna untuk pembentukan tubuh :
a) Latihan Beban
Latihan ini dapat meningkatkan massa otot. Lakukan maksimum satu gerakan sebanyak 10 kali pengulangan untuk satu set. Jangan lupa beristirahat selama 60 detik tiap kali ganti gerakan.
b) Push up
Push up merupakan olahraga menahan tubuh atau badan dengan menggunakan tangan. Olahraga ini memperkuat lengan dan stamina agar tetap kuat.
c) Sit up
Sit up adalah Olahraga untuk memperkuat otot perut. Dengan olahraga ini Healthy People bisa mendapatkan perut rata. Latihan ini secara tidak langsung juga bisa melatih Healthy People dalam mengatur pernapasan.
d) Pilates
Pilates adalah jenis olahraga yang mengandalkan pernafasan dengan gerakan dasar yang fokus pada pengencangan dan pembentukan tubuh terutama bagian perut.
Yang perlu juga diingat bersama, sebelum Healthy People memulai segala jenis kegiatan olahraga jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan stretching atau peregangan agar terhindar dari cedera. Selamat berolahraga

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 teknik menggambar bentuk

CARA menjadi juara olimpiade sains nasional/osn

CARA BELAJAR EKSAK MUDAH(MATEMATIKA,FISIKA,KIMIA)